JudulPENERAPAN LEARNING CONTRACT (KONTRAK BELAJAR) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPS I SMA NEGERI 8 PALU |
Nama: YUNI I.IBRAHIM |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya kedisiplinan siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana produk learning contract di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Palu. (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Palu. (3) Bagaimana implementasi learning contract terhadap aktifitas belajar siswa di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahaui produk learning contract di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Palu. (2) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Palu. (3) Untuk mengimplementasi learning contract terhadap aktifitas belajar siswa di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk learning contract di buat oleh guru dengan aturan yang realistis yang dapat meningkatkan motivasi siswa dan disetujui bersama dengan siswa pada pertemuan awal pembelajaran. (2) Kontrak belajar dapat mempengaruhi perilaku siswa dengan peningkatan kedisiplinan, fokus pada pembelajaran, dan partisipasi aktif siswa dalam kelas. Dengan begitu kontrak belajar dapat digunakan sebagai alat efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kedisiplinan siswa. (3) Kontrak belajar digunakan untuk mendukung dan mengarahkan aktivitas pembelajaran yang telah direncanakan dalam RPP. Dengan demikian, kontrak belajar dan RPP terhubung erat sedangkan Kontrak belajar digunakan dalam evaluasi pembelajaran sebagai alat untuk mengikat dan mempertegas kewajiban siswa dan guru. Dengan melaksanakan evaluasi guru dapat mengukur dan menentukan sejauh mana keberhasilan strategi pembelajaran yang digunakan. |