JudulPEMANFAATAN WEB BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH BAGI SISWA DI SMA NEGERI 2 PALU |
Nama: KETUT ARDANA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berupa situs Web dapat membuat pembelajaran lebih mudah, menyenangkan dan tidak membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pengaruh Pemanfaatan Web Based Learning dengan menggunakan Web Google Sites Terhadap Hasil Belajar Sejarah Bagi Siswa di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Palu. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan tujuan untuk mencari tau ada atau tidaknya hubungan sebab akibat pada suatu subjek yang sedang diteliti. Rancangan penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan 2 kelompok belajar yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dimana pengambilan sampel kedua kelas tersebut tidak dipilih secara random. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh data rata-rata hasil belajar Pre-Test 9,47, Post-Test 15,60 dan Perolehan (Gain) 6,13. Sedangkan hasil penelitian pada kelas kontrol diperoleh data rata-rata hasil belajar Pre-Test 6,66, Post-Test 9,83 dan Perolehan (Gain) 3,17. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sejarah bagi siswa yang menerapkan pemanfaatan Web Based Learning, dengan yang tidak menerapkan pemanfaatan Web Based Learning. Ini berarti ada pengaruh pemanfaatan Web Based Learning terhadap hasil belajar sejarah bagi siswa di SMA Negeri 2 Palu. Kata Kunci: web, web-based learning, Google sites |