JudulPENANAMAN NILAI KETELADANAN PAHLAWAN NASIONAL PADA SISWA MELALUI MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 2 TOLITOLI |
Nama: NOVIA WULAN LARASATI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Novia Wulan Larasati, (2023) A31119022 yang berjudul Penanaman Nilai Keteladanan Pahlawan Nasional Pada Siswa Melalui Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Tolitoli, Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan ILmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Nuraedah S.Pd. M.Pd. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan penanaman nilai keteladanan pahlawan nasional di SMA Negeri 2 Tolitoli ? (2) Bagaimana strategi Guru dalam menanamkan nilai keteladanan pahlawan nasional melalui pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Tolitoli ?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pelaksanaan penanaman nilai keteladanan pahlawan nasional di SMA Negeri 2 Tolitoli (2) Menganalisis strategi Guru dalam menanamkan nilai keteladanan pahlawan nasional melalui mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Tolitoli. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru sejarah kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Tolitoli dan siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Tolitoli. Berdasarkan data yang diperoleh, pengolahan dan analisis maka hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pelaksanaan penanaman nilai keteladanan dilaksanakan dengan baik di dalam kelas di luar kelas dan kegiatan ektrakulikuler. Pelaksanaan penanaman nilai keteladanan pahlawan nasional terintegrasi dalam berbagai aspek kehidupan sekolah, termasuk dalam kegiatan di luar kelas seperti upacara bendera, melalui kegiatan ektrakulikuler seperti Pramuka dan PBB. Untuk di dalam kelas, nilai-nilai keteladanan diajarkan melalui pembelajaran sejarah dengan fokus pada cerita pahlawan nasional salah satunya Bung Tomo siswa diberi pemahaman mengenai nilai luhur pahlawan tersebut dan diarahkan meneladani sikap-sikap positif pahlawan tersebut. Dengan demikian, peserta didik diharapkan memiliki sikap yang baik di lingkungan sekolah dan masyarakat. (2) Strategi pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Tolitoli tentang penanaman nilai keteladanan pahlawan nasional dilaksanakan melalui berbagai aspek, mulai dari perencanaan dan pelaksanaan hingga evaluasi. Guru mengajarkan nilai-nilai keteladanan melalui cerita tentang pahlawan nasional, yang memberikan efek positif pada siswa, mendorong siswa untuk menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. |