JudulPenggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Melalui Sumber Aplikasi Google Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Kelas VII A SMP Negeri 2 Tanantovea |
Nama: TENGKU FATHURAHMAT |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Tengku Fathurahmat 2024. Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Melalui Sumber Belajar Aplikasi Google Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Kelas VII A SMP Negeri 2 Tanantovea. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Hasan, M.Hum Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS terpadu pada siswa kelas VII A dengan model Think Pair Share (TPS) melalui sumber belajar aplikasi google. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah kelas VII A SMP Negeri 2 Tanantovea dengan jumlah siswa 25 orang, 8 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dan lembar observasi. Data yang diperoleh dari hasil tes dan lembar observasi pada aktivitas siswa kemudian dianalisis menggunakan uji presentase. Hasil penelitian pada aktivitas siswa siklus I 58?n siklus II 81%. Hasil penelitian pada hasil belajar siswa yang diperoleh siklus I 24?n siklus II 84%, yang berarti pembelajaran dari siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPS menggunakan model Think Pair Share dengan sumber belajar aplikasi google dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model belajar, Think Pair Share, Hasil belajar. |