JudulKESIAPAN GURU SEJARAH DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 4 PALU |
Nama: AGUNG OKTIYUDHA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam menghadapi perubahan kurikulum di SMAN 4 Palu, serta mengetahui dampak dari penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah tersebut. Fokus utama penelitian ini adalah kesiapan guru sejarah dalam menghadapi perubahan kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sejarah di SMAN 4 Palu memiliki keterampilan yang beragam dalam melaksanakan proses pembelajaran. Selain itu, perubahan kurikulum Merdeka berdampak pada kolaborasi antar mata pelajaran, seperti penggabungan mata pelajaran sejarah dan bahasa Indonesia, di mana sejarah digunakan sebagai konteks penelitian dan bahasa Indonesia untuk penulisan laporan. Temuan ini menunjukkan bahwa perubahan kurikulum Merdeka tidak hanya mempengaruhi metode pengajaran tetapi juga mendorong integrasi antar mata pelajaran untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Kata kunci: Kesiapan Guru, Dampak Perubahan Kurikulum, Kurikulum Merdeka, SMAN 4 Palu, Pembelajaran Kolaboratif, Mata Pelajaran Sejarah. |