JudulPengaruh Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI Di SMA Karuna Dipa Palu |
Nama: SITTI NURAINA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Kreativitas guru yang baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuannya yaitu untuk mengukur seberapa besar pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Sejarah di kelas XI SMA Karuna Dipa Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis metode kuantitatif dengan pendekatan korelasiona Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket, dokumentasi, wawancara. Analisis data yang digunakan adalah variabel terikat dan variabel bebas.sebagai penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kreativitas guru berpengaruh dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. diperoleh nilai r_hitung sebesar 0,598 dengan pada taraf 0,400- 0,599 menggunakan korelasi (person Product moment) dan menggunakan rumus KP: 100?n diketahui bahwa kontribusi kreativitas guru dalam mengajar berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 35,76% Selanjutnya dilakukan pengujian signifikansi koefiesien korelasi dengan menggunakan rumus Uji t diperoleh t_hitung sebesar 4,008 > t_tabel 0,361 sehingga diketahui bahwa kreativitas mengajar guru berpengauh signifikan terhadap hasil belajar |