JudulSTRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 8 PALU |
Nama: SALBI |
Tahun: 2024 |
Abstrak belajar cenderung hanya ingin menulis, membaca dan meyelesaikan tugas agar cepat beristirahat. Masalah pada penelitian ini bagaimana strategi inquiring minds want to know dan implementasinya didalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan menjelaskan strategi inquiring minds want to know dalam meningkatkan keaktifan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi inquiring minds want to know meningkatkan partisipasi siswa untuk aktif didalam pembelajaran dengan respon yang berbeda-beda saat menjawab pertanyaan. (2) Pembelajaran menggunakan strategi inquiring minds want to know di fokuskan pada pendahuluan sesuai dengan RPP dengan memberi pertanyaan di awal pembelajaran dan menampilkannya dalam media power point agar lebih menarik dan meningkatkan minat siswa untuk aktif dalam pembelajaran Kata kunci: Strategi Inquiring Minds Want To Know, Implementasi dalam RPP, Pembelajaran di kelas, Media Pembelajaran. |