Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Sarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII Di SMPN 1 Sindue Tobata
Nama: SELY ENJELY
Tahun: 2024
Abstrak
Sely Enjely. 2024. Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII Di SMPN 1 Sindue Tobata. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Suyuti, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sarana belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 1 Sindue Tobata. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Sindue Tobata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan nilai koefisien korelasi (r) yaitu nilai sebesar 0,675 > nilai sebesar 0,232. Jika mengacu pada interpretasi koefisien korelasi menurut sugiyono, maka hasil dari koefisien korelasi berada pada kategori 0,600 – 0,799 (kuat). Hal ini berarti terdapat pengaruh korelasional antara sarana belajar dengan hasil belajar siswa. Untuk pengujian hipotesis penulis menggunakan inferensial dengan teknik produk moment kemudian dilanjutkan dengan uji signifikan (t), diperoleh nilai sebesar 7,653 > nilai sebesar 1,667. Hal ini berarti diterima dan ditolak. Berdasarkan dari hasil perhitungan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa analisis data yang diperoleh variabel sarana belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 1 sindue tobata ada pengaruh yang kuat dan signifikan. Kata Kunci: Sarana Belajar, Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up