Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPEMANFAATAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 BARAS
Nama: NUR AMINA
Tahun: 2022
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan fitur - fitur Google Classroom dalam pembelajaran sejarah dan untuk mendeskripsikan proses meningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan media Google Classroom di SMA Negeri 1 Baras Kelas XI IIS. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data seacara kualitatif menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran sejarah di Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Baras dapat meningkat dengan memanfaatkan empat fitur yang pada media Google Classroom dalam pembelajaran sejarah. Adapun empat fitur tersebut yaitu Assigment (penugasan) yaitu digunakan oleh guru dan juga siswa dalam memberikan dan juga mengumpulkan tugas, Grading (penilaian) digunakan atau dimanfaatkan oleh guru untuk memberikan penilaian dan digunakan siswa untuk melihat nilai, Communication (komunikasi) dimanfaatkan oleh guru dan juga siswa untuk saling berinteraksi dan juga melakukan diskusi, Archive Course (arsip program) dimanfaatkan oleh guru untuk mengarsipkan kelas sehingga apabila dikemudian hari ada materi yang diperlukan guru hanya perlu membuka kembali kelas yang telah diarsipkan tersebut. Dalam pemanfaatan media Google Classroom untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sejarah terdapat beberapa tahapan atau proses yaitu siswa mempelajari materi, melakukan diskusi, pemberian tugas, dan memberikan penilaian. Selain hal tersebut berdasarkan temuan yang diperoleh peneliti di lapangan bahwa kehadiran merupakan salah satu syarat keaktifan siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up