Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 5 PALU
Nama: NUR AFNI SETIA PUTRI
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Nur Afni Setia Putri. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 5 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Mahfud M. Gamar, S.Pd., M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pelaksanaan model pembelajaran sinektik terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah (2) Bagaimana hasil yang diperoleh dari pelaksanaan model pembelajaran sinektik terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menguraikan proses pelaksanaan model pembelajaran sinektik terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. (2) Mengetahui hasil yang diperoleh dari pelaksanaan model pembelajaran sinektik terhadap motivasi belajar Siswa pada mata pelajaran sejarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Palu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pelaksanaan dari model pembelajaran sinektik dengan beberapa tahapan yang dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah, proses pelaksanaan yang terkesan beda dari model pembelajaran yang lainnya menjadi sebuah dorongan terhadap diri siswa sehingga tertantang dan ikut berpartisipasi penuh dalam pembelajaran. (2) Efektivitas model pembelajaran sinektik terhadap motivasi belajar siswa ini dapat dilihat melalui reaksi siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung, mendapat dorongan, memiliki cita-cita di masa depan, serta siswa merasakan adaya ketertarikan dalam belajar agar dapat termotivasi dalam belajar khususnya pada mata pelajaran sejarah. Kata Kunci: Efektivitas, model sinektik, motivasi belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up