JudulEfektivitas Metode Outdoor Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 4 Palu |
Nama: HAKSANA CHERUNNISA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Pengimplementasian metode Outdoor Learning di SMA Negeri 4 Palu (2) Apa yang menjadi faktor penghambat dan pendukung metode Outdoor Learning (3) Bagaimana efektivitas metode Outdoor Learning dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Palu. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pengimplementasian metode Outdoor Learning di SMA Negeri 4 Palu (2) Menguraikan faktor penghambat serta pendukung metode Outdoor Learning (3) Mendeskripsikan efektivitas metode Outdoor Learning dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Palu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Jenis pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan osbservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengimplementasian metode Outdoor Learning ini dilihat dari segi perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi (2) yang menjadi faktor penghambat dalam metode Outdoor Learning yaitu keterbatasan finansial, serta kurangnya narasumber di lapangan. Akan tetapi metode ini mendapatkan dukungan dari banyak pihak yakni guru, serta orang tua siswa, yang mana memberikan solusi sehingga dapat menutupi dan mengimbangi hambatan yang ada sehingga memungkinkan pembelajaran Outdoor efektif (3) Penerapan metode Outdoor Learning di SMA Negeri 4 Palu terbukti efektif dan berdampak positif bagi perkembangan siswa. Pendekatan ini meningkatkan pemahaman dan kreativitas siswa melalui pembelajaran yang unik, seperti pembuatan laporan hasil pengamatan lapangan. Siswa aktif menjelajahi lingkungan luar ruangan, mengamati fenomena alam, dan terlibat dalam eksperimen praktis. |