JudulKOMPETENSI PROFESIONAL GURY DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID -19 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 LORE UTARA |
Nama: NAOMI JESIKA NGKUNO |
Tahun: 2023 |
Abstrak Naomi Jesika Ngkuno, 2023. Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X IPS SMA Negeri 1 Lore Utara, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (Dr. Misnah, S.Pd., M.Pd ). Penelitian ini membahas bagaimana kompetensi profesional guru dalam meningaktkan belajar siswa di masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran sejarah?, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat belajar siswa dimasa pandemi covid-19 pada mata pelajaran sejarah?. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui kompetensi profesional guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dimasa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran sejarah. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat belajar siswa dimasa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Teknik pengeumpulan data berupa teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yang ditetapkan berjumlah 7 orang yakni 1 guru sejarah dan 6 orang siswa. Penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi profesional guru dalam menigkatkan minat belajar siswa dimasa pandemi covid-19 pada mata pelajaran sejarah di kelas X IPS SMA Negeri 1 Lore Utara adalah menguasai bahan pengajaran, mengolah program pembelajaran,mengolah kelas, menilai prestasi siswa,menyelenggarkan administarsi, mengelola interaksi belajar mengajar, dan menggunkan media/sumber belajar. 2) faktor penghambat dalam meningkatkan minat belajar siswa ada faktor internal dan faktor eksternal. Faktor penghambat internal adalah kurangnya minat dan motivasi dari dalam diri siswa. Faktor penghambat ekternal adalah kurangnya sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran di masa pandemi. Faktor pendukung internal adalah kondisi kesehatan siswa dan semangat belajar yang tinggi. Faktor pendukung eksternal adalah dukungan dari orang tua. Kata Kunci: Kompetensi, Profesional, Minat |