JudulKomunikasi Guru Dengan Orang Tua Terhadap Kemajuan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 6 Palu |
Nama: NURAISA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nuraisa.2022. Komunikasi Guru Dengan Orang Tua Terhadap Kemajuan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 6 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. H. Juraid Permasalahan penelitian ini adalah 1). Bagaimana bentuk komunikasi yang dilakukan Guru dengan Orang Tua Siswa terhadap kemajuan belajar? 2). Apa dampak komunikasi Guru dengan Orang Tua Siswa terhadap kemajuan belajar? 3). Apa faktor yang menjadi mendukung dan penghambat Guru dalam berkomunikasi dengan Orang Tua Siswa?. Tujuan Penelitian 1). Menjelaskan bentuk Komunikasi yang dilakukan Guru dengan Orang Tua Siswa terhadap kemjuan belajar di SMA Negeri 6 Palu 2). Menjelaskan dampak Komunikasi antara Guru dan Orang Tua Siswa terhadap kemajuan belajar di SMA Negeri 6 Palu 3). Menjelaskan faktor apa yang menjadi penunjang dan kendali bagi Guru dalam komunikasi dengan Orang Tua Siswa. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara ditujukan kepada Guru sejarah, serta Orang Tua Siswa. Teknik pengolahan data dan tehnik analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Bentuk komunikasi yang digunakan dalam berkomunikasi yaitu dengan Orang Tua yaitu komunikasi verbal dan non vebal. 2). Dampak komunikasi yang dilakukan Guru dengan Orang Tua sangat positif, komunikasi ini sangat berpengaruh baik terhadap kemajuan belajar Siswa. 3). Faktor penunjang dalam berkomunikasi dengan Orang Tua yaitu adanya komunikator, komunikan, rapat dan pertemuan. Kendalanya adalah kurangnya peranaktif Orang Tua dan kurangnya kelengkapan sarana pendidikan yang berkaitan dengan kondisi Guru dan Siswa. Kata Kunci : Komunikasi, Guru, dan Orang Tua. |