JudulNILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TRADISI VUNJA DI DESA OTI KECAMATAN SINDUE TOBATA KABUPATEN DONGGALA |
Nama: MOH IRFANDI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Moh irfandi, 2022. Skripsi ini berjudul Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Tradisi Vunja di Desa Oti Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggal. Skripsi program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dra. Hj Junarti, M.Hum Tradisi Vunja merupakan salah satu bentuk upaca selamatan dalam rangka mensyukuri nikmat Tuhan Yang Maha Esa. Penelitian ini mengkaji menggenai proses ritual tradis vunja dan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam tradisi Vunja di Desa Oti Kecamatan Sindue Tobata Kabupaten Donggala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses ritual dan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam tradisi Vunja di Desa Oti Kecamata Sindue Tobata Kabupaten Donggala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan tehnik pengambilan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses ritual dalam pelaksanaan tradisi vunja dimulai dari pembuatan Matao atau Tiang Vunja, barasanji/pembacaan doa, nokayori, dan nosimpago/perebutan hasil panen. Selain itu, dalam pelaksanaan tradisi vunja terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat diperoleh diantarannya adalah sikap religious, toleransi, kreatif, cinta tanah air, komunikatif, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Hal lain yang perlu diteladani oleh generasi muda bahwa tradisi Vunja dijadikan sebagai warisan budaya leluhur bangsa indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan. Kata kunci: Tradisi, Vunja, Nilai Pendidikan Karakter |