Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP N 1 TINOMBO SELATAN
Nama: MAHMUT
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini membahas mengenai apakah terdapat pengaruh game online terhadap prestasi belajar Siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP N 1 Tinombo Selatan. Jenis penilitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan statistik deskriptif dengan mengenalisis korelasional antar variabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penilitian ini adalah analisis Deskriptif data yang meliputi tabel distribusi frekuensi. Mencari nilai mean, median, modus. Serta dengan disajikan histogram frekuensi, kemudian untuk menguji hipotesis dengan mengunakan korelasi product moment. Dengan menggunakan perangkat lunak Statistical Product and system Solution (SPSS) versi 26. dan mencari besarnya derajat determinasi. Perkembangan teknologi yang begitu pesat yang membuat game online banyak para pelajar yang memainkanya sampai melupakan tangung jawab mereka sebagai pelajar sehingga mempengaruhi prestasi belajar mereka karena efek dari kecanduan geme online. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh game online terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP N 1 Tinombo Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VIII di SMP N 1 Tinombo, sebanyak 32 Siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Dimana pada variabel game online diperoleh nilai mean (rata-rata) sebesar 55. Nilai median (nilai tengah) 55,5. Dan nilai modus 54,5. Kemudian untuk variabel prestasi belajar diperoleh nilai mean (rata-rata) 10. Nilai median (nilai tengah) 9,83. Dan nilai modus 10,5. Dalam uji hipotesis dengan mengunakan korelasi product moment diperoleh nilai sebesar 184 sama dengan 0,184 Berdasarkan pernyataan jika >0, maka hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh antara game online terhadap prestasi belajar Siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP N 1 Tinombo Selatan dan Ha diterima, yang menunjukkan hubungan yang sangat rendah antara variabel X (game online) dengan variabel Y (prestasi belajar) karena terletak antara 0,00 - 0,20. Besarnya derajat determinasi pengaruh game online terhadap prestasi belajar Siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP N I Tinombo Selatan sebesar 3,3%. Oleh sebab itu pengawasan Orangtua dan Guru sangat diperlukan dalam hal ini, agar seorang Siswa yang masih duduk dibangku sekolah dan kecanduan game online bisa mengontrol waktu agar supaya tidak mempengaruhi prestasi belajarnya di sekolah. Kata Kunci : Game Online, Prestasi Belajar, Pelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up