JudulPenerapan Pendidikan Karakter Dalam Toleransi Beragama |
Nama: FANDI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Syuaib 2024, Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Toleransi Beragama Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembiming Dr. Iskandar, M. Hum. Penelitian ini mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat toleransi beragama di sekolah SMA Negeri 3 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskribtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengedintifikasi perencanaan dan pelaksanaan pendidikan karakter dalam toleransi beragama siswa. Dilaksanakan di SMA Negeri 3 Palu jln Dewi Sartika NO. 104, Birobuli Selatan, Kec. Palu Selatan, Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Pelaksanaan pendidikan karakter dalam toleransi beragama di SMA Negeri 3 Palu melalui metode pembiasaan, kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstrakulikuler. Dengan harapan siswa dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran, sehingga akan lebih memudahkan siswa menguasai materi pembelajaran apalagi dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai. Dapat disimpulkan bahwa pendidikan agama yang inklusif, pemahaman yang lebih baik tentang budaya dan kepercayaan beragama, serta promosi dialog antaragama di sekolah berkontribusi pada peningkatan toleransi. Implikasi untuk kebijakan pendidikan dan praktik sekolah yang mendukung keragaman agama. Kata Kunci : Penerapan Pendidikan, Pendidikan Karakter, Toleransi |