Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI GURU DALAM MENGEFEKTIFKAN PEMBELAJARAN SEJARAH PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI KELAS X IPS 1 SMA KATOLIK SANTO ANDREAS PALU
Nama: FREDRIK A TABURU
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Fredrik A. Taburu,2022.Strategi Guru dalam Mengefktifkan Pembelajaran Sejarah Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Kelas X SMA Katolik Santo Andreas Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mahfud M. Gamar. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru dalam mengefekifkan pembelajaran sejarah pada pembelajaran tatap muka terbatas di kelas X IPS 1 SMA Katolik Santo Andreas Palu dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam mengefektifkan pembelajaran sejarah pada pembelajaran tatap muka terbatas di kelas X IPS 1 SMA Katolik Santo Andreas Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah kesiswaan, guru sejarah dan 5 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa strategi guru dalam mengefektifkan pembelajaran sejarah pada pembelajaran tatap muka terbatas di kelas X IPS 1 SMA Katolik Santo Andreas Palu adalah mengirim materi pada aplikasi classroom untuk dipelajari siswa, dan adanya penggunaan media pembelajaran membantu guru dalam pelaksanaan baik pembelajaran di kelas maupun pembelajaran online, dan saat pembelajaran berlangsung di kelas guru hanya menjelaskan inti. Faktor pendukung dan penghambat strategi guru sejarah dalam menfektifkan pembelajaran tatap muka terbatas di kelas X IPS 1 SMA Katolik Santo Andreas Palu. Faktor pendukung yaitu tersedianya media pembelajaran seperti infocus untuk menampilkan powerpoint, dan aplikasi untuk media pembelajaran online. Sedangkan faktor penghambat strategi guru dalam mengefektifkan pembelajaran tatap muka terbatas diantaranya waktu dalam mengajar di kelas terbatas, kendala kuota internet siswa, pembatasan pergerakan guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Strategi, Mengefektifkan Pembelajaran, Tatap Muka Terbatas

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up