Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSEJARAH SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN 7 BALAESANG)
Nama: MOH. REZA
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK MOH. REZA (2023), A 311 18 087, Judul “Sejarah SD Negeri 7 Balaesang”.Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pendidikan Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dibawah bimbingan Haliadi. Permasalahan pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimana sejarah berdirinya pendidikan SD Negeri 7 Balaesang di Desa Lombonga, (2) Bagaimana peran SD Negeri 7 Balaesang dalam perubahan sosial di Desa Lombonga, (3) Bagaimana perkembangan pendidikan di SD Negeri 7 Balaesang di Desa Lombonga. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Mendeskripsikan sejarah berdirinya pendidikan SD Negeri 7 Balaesang di Desa Lombonga, (2) Menguraikan peran sekolah SD Negeri 7 Balaesang dalam perubahan sosial kemasyarakatan di Desa Lombonga, (3) Menganalisis perkembangan pendidikan di Fase awal hadirnya sekolah SD Negeri 7 Balaesang di Desa Lombonga dengan yang sekarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang ditetapkan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi karena menggunakan metodologi sejarah meliputi pencarian sumber, kritik sumber, Intepretasi dan Historiografi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pendidikan. Penelitian ini menggunakan Teori Sejarah, Teori Perubahan Sosial dan Teori Perkembangan Pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa (1) Sejarah berdirinya SD Negeri 7 Balaesang diawali karena adanya pemekaran Desa baru yaitu Desa Lombonga yang memisahkan diri dari bagian Desa Labean. Selain itu penyebab didirikannya SD Negeri 7 Balaesang atas dasar kesepakatan masyarakat agar mendapatkan akses pendidikan dengan jarak tempuh yang dekat. (2) Peran SD Negeri 7 Balaesang dalam perubahan sosial di Desa Lombonga sangat berpengaruh, hal ini dapat dilihat dari banyaknya Siswa yang memiliki kepribadian yang semakin membaik, seperti memiliki tata krama yang baik, sopan santun, dan memiliki sifat menaati tata tertib walaupun belum maksimal, hal lain dari peubahan sosial ini dapat dilihat dari banyaknya lulusan sarjana yang berasal dari alumni SD Negeri Balaesang di Desa Lombonga. (3) Perkembangan SD Negeri 7 Balaesang hingga sekarang telah mengalami banyak perubahan, yaitu pada pembelajaran yang semakin maju sejak adanya teknologi modern seiring pekembangan zaman sehingga dalam proses belajar mengajar menjadi semakin mudah, selain itu perkembangannya dapat dilihat dari perubahan bangunan dan sarana prasarana yang semakin membaik. Kata Kunci : Sejarah Pendidikan, Perubahan Sosial, Perkembangan Pendidikan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up