Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI TKJ DI SMK NEGERI 1 PARIGI
Nama: MASRURA
Tahun: 2024
Abstrak
MASRURA, NIM. A31118084 Dengan judul skripsi : “Implementasi Penanaman Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI Di SMK Negeri 1 Parigi”. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dibawah Bimbingan dari Hasan. Masalah dalam penelitian ini (1) bagaimanakah penanaman nilai-nilai karakter dalam proses belajar mengajar pada pembelajaran sejarah kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Parigi? (2) faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat penanaman nilai-nilai karakter pada pembelajaran sejarah kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Parigi?. Tujuan Penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penanaman nilai-nilai karakter dalam proses belajar mengajar pada pembelajaran sejarah kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Parigi (2) menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan nilai-nilai karakter pembelajaran sejarah kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Parigi. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kualitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) penanaman nilai karakter dalam pembelajaran sejarah kelas XI TKJ di SMK Negeri 1 Parigi dalam penyampaiannya menyisipkan nilai-nilai karakter yang dikaitkan dengan pembelajaran sejarah. Proses pembelajaran sejarah dikemas sedemikian rupa dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pembelajaran menggunakan metode dan media yang disesuaikan dengan nilai karakter yang akan dikembangkan dalam diri siswa. Penerapan pendidikan karakter dengan memberikan reward and punishment terhadap siswa. Pemberian reward untuk siswa yang mampu menampilkan perilaku yang berkarakter dan berpotensi, sedangkan punisment (sanksi) diberikan kepada siswa yang tidak menampilkan perilaku berkarakter dan tidak mengikuti pembelajaran dengan baik atau melanggar aturan sekolah; (2) Pelaksanaan pendidikan karakter di SMK Negeri 1 Parigi didukung oleh beberapa faktor seperti sarana dan prasarana yang cukup memadai, guru sejarah yang selalu memotivasi peserta didik untuk mengembangkan karakter yang baik, berbagai macam Kegiatan ekstra kurikuler. Selain itu terdapat pula faktor-faktor yang menghambat penanaman karakter peserta didik yaitu adanya latar belakang siswa yang berbeda, kemudian guru sejarah belum memiliki instrumen khusus untuk menilai karakter siswa, serta banyaknya tempat-tempat di luar lingkungan sekolah yang memberikan efek negatif bagi siswa seperti game online. Kata kunci: Pembelajaran Sejarah, Nilai-nilai Karakter.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up