JudulHubungan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Di SMA NEGERI 6 Palu |
Nama: ELSHISINTA TATU |
Tahun: 2024 |
Abstrak ELSHINTA TATU, 2024, Skripsi ini berjudul Hubungan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 6 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendindikan Universitas Tadulako, Pembimbing Suyuti. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada hubungan antara konsep diri dengan Hasil belajar siswa di SMA Negeri 6 Palu? Penelitian ini bertujuan yaitu (1) Untuk mengetahui hubungan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 6 Palu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 125 siswa, teknik pengumpulan data yang di gunakan Observasi, Angket (Kuisioner), Tes soal, Uji validitas, Uji reliabilitas dan Dokumentasi. Teknik Analisis data penelitan ini adalah Statistik Deskriptif dan Uji Hipotesis. Berdasarkan data yang terkumpul, pengelolahan dan analisis, menggunakan Uji Hipotesis menggunakan korelasi product momen yang memperoleh nilai 0,229 yang menunjukan adanya hubungan yang sangat tinggi antara variabel X dengan Y karena terletak antara 0,90-1,00 sendangkan besarnya derajat determinasi untuk penilaian korelasi yang menentukan besar hubungan variabel X (Hubungan konsep diri) terhadap variabel Y ( Hasil belajar) dengan pengaruh sebesar 4,5%. maka hasil dan pembahasan penelitian ini di jelaskan bahwa terdapat Hubungan Konsep Diri Dengan Hasil belajar Siswa Di SMA Negeri 6 Palu. Kata Kunci : Hubungan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 6 Palu. |