JudulNILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM PROSES PERNIKAHAN SUKU LAUJE DESA ULATAN KECEMATAN PALASA KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: MOH. IKHSAN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Moh. Iksan, 2022. “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Proses Pernikahan Suku Lauje Desa Ulatan Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong”. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Tadulako, Pembimbing : Dr. Mahfud M. Gamar, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang nilai-nilai pendidikan dalam proses pernikahan suku Lauje Desa Ulatan Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong. Jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan Etnografi yaitu metode penelitian yang mempelajari manusia dan budayanya. Sumber data penelitian ini adalah pada masyarakat suku Lauje berlokasi di Desa Ulatan dan beberapa literatur. Teknik pengumpulan data melalui obeservasi, wawancara, dokumentasi, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat suku Lauje Desa Ulatan masih melaksankan adat pernikahan dan masih menerapkan nilai pendidikan dalam proses pernikahan seperti Monyabi nilai pada proses monyabi ini adalah keseriusan dari pihak laki-laki Molamar nilai-nilai pendidikan dalam proses Molamar ini merupakan nilai tanggung jawab dari calon mempelai pria Mongolontigi nilai pendidikan dalam proses mongolontigi ini dalam prosesnya mempunyai makna-makna seperti pengorbanan hidup dan mati terhadap kedua mempelai. Minyak kelapa maknannya agar mempermudah mereka mencari rezeki di dalam mengarungi kehidupan. Baskom dan beras lalu ditancapkan lilin di atasnya menandakan bahwa agar nantinya mereka berdua mempunyai kehidupan yang cerah agar mempelai laki-laki dapat beranggung jawab kepada wanita yang dinikahinnya Mopopene’e nilai pendidikan dalam proses’e ini yaitu saling bersilaturahmi antara keluarga Kata Kunci : Pernikahan, Nilai-Nilai, Pendidikan |