Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulGAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER SISWA DI SMAN 3 PALU Oleh INDAH RAHAYU EKA PUTRI KARIM A 311 18 073 SKRIPSI Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mendapatkan Gelar Sarjana Sarjana Pendidikan Pada Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TADULAKO KOTA PALU 2023
Nama: INDAH RAHAYU EKA PUTRI KARIM
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa serta metode mengajar guru dalam upaya meningkatkan Karakter siswa di SMAN 3 Palu. Objek penelitian ini adalah pengaruh gaya belajar siswa terhadap peningkatan karakter belajar murid sementara subjek penelitian ini adalah siswa dan guru SMAN 3 Kota Palu yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini terlihat bahwa gaya belajar murid di SMAN 3 Palu terbagi menjadi 4 metode yakni 1) Gaya belajar Visual dengan presentase 28,9%, 2) Gaya belajar Auditorial dengan presentase 26,7%, 3) Gaya belajar kinestetik dengan presentase 37,8% 4) gaya belajar lainnya yang merupakan gabungan dari beberapa gaya belajar yakni sebesar 6,6%. Sementara metode mengajar guru terbagi atas 4 metode. Mayoritas guru menggunakan metode pembelajaran Visual dengan presentase 53,3%, kemudian metode pembelajaran Auditorial sebesar 33,3%, selanjutnya metode pembelajaran kinestetik sebesar 13,4?n 6,7% lainnya untuk metode pembelajaran gabungan. Berdasarkan perbandingan antara gaya belajar dan metode pembelajaran terdapat perbedaan dimana sebagian besar murid memilih gaya belajar kinestetik (37,8%) sedangkan jika dilihat dari metode pembelajaran yang banyak digunakan oleh guru adalah metode visual (53,3%). Hal tersebut kemudian dikorelasikan dengan tingkat kenyamanan murid dalam menerima pembelajaran. Didapati bahwa sebanyak 48,8% murid merasa tidak nyaman dengan metode pembelajaran yang berbeda dengan gaya belajar mereka, 13,3% merasa nyaman, sedangkan 37,7% menyatakan biasa saja. Gaya belajar kinestetik lebih berpengaruh besar terhadap karakter murid yang dilihat berdasarkan hasil pengolahan data penulis yang menunjukkan gaya belajar kinestetik lebih banyak diminati dibanding dengan gaya belajar lainnya. Kata Kunci : Gaya belajar, Karakter.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up