JudulPeran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Dimasa Pandemi Cobid 19 SMA Negeri 6 Palu |
Nama: NURHAYANA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nurhayana, Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Masa Pendemi Covid 19 SMA Negeri 6 Palu. Skripsi, program studi pendidikan sejarah, jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial, Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Tadulako. Hasan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran Orang Tua dalam meningkatkan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran sejarah di masa pandemi Covid 19 SMA Negeri 6 Palu? (2)Bagaimana upaya Orang Tua dalam meningkatkan hasil belajar Siswa pada mata Pelajaran Sejarah Di masa Pandemi Covid 19 SMA Negeri 6 Palu? hasil penelitian ini bertujuan yaitu (1) Menjelaskan peran Orang Tua dalam meningkatkan hasil belajar Siswa Pada mata pelajaran sejarah di masa pandemi Covid 19 SMA Negeri 6 Palu (2)menjelaskan upaya Orang Tua dalam meningkatkan hasil belajar Siswa pada mata sejarah Di masa pandemi Covid 19 SMA Negeri 6 Palu. Hasil penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 7 Orang Tua/wali Siswa, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumen. Analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif, data yang diperoleh dari sumber wawancara maupun dokumentasi akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Orang Tua sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar Siswa khususnya pada mata pelajaran sejarah. Peran Orang Tua/wali Siswa sendiri sebagai motivasi, pembimbing/panutan dan Orang Tua sebagai fasilitator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Orang Tua sangat berperan aktif dalam meningkatkan hasil belajar Siswa karna Orang Tua memiliki peran membimbing, memotivasi dan sebagai fasilitator Kata kunci : Peran Orang Tua, dan Hasil Belajar. |