Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Palu
Nama: ANGGRIANI ZH KOLOSAI
Tahun: 2024
Abstrak
Anggriani Zh.Kolosai, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa kelas IX IPS di SMA Negeri 1 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Skripsi: Bapak Charles Kapile, M.Hum Penelitian ini bertujuan untuk membahas apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Palu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasy Experimental Design yang terdiri dari desain prestest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Palu yang berjumlah 179 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas IX IPS 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas IX IPS 4 sebagai kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu menggunakan pretest dan posttest berupa pilihan ganda sebanyak 23 butir soal yang telah diuji validasikan di kelas IX IPA 6. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif data yang meliputi tabel distribusi frekuensi, mencari nilai mean, median, dan modus. Serta disajikan dengan histogram frekuensi, kemudian untuk menguji hipotesis dengan menggunakan Korelasi Product Moment. Dengan menggunakan perangkat lunak Statistical Product and System Solution (SPSS) versi 26. Hasil rekapitulasi data Pada nilai posttest (akhir) kelas kontrol dengan nilai Mean (rata- rata) sebesar 68, Median (nilai tengah) sebesar 67, dan nilai Modus yaitu 73. Dan pada nilai posttest (akhir) kelas eksperimen dengan nilai Mean (nilai rata-rata) sebesar 82,42, Median (nilai tengah) sebesar 82, dan nilai Modus yaitu 78. Selanjutnya melakukan uji hipotesis dengan diperoleh nilai sebesar signifikan = 0,000 yang artinya nilai signifikan < 0 xss=removed xss=removed xss=removed> ttabel dan diperoleh 6,233 > 1,995 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, menerima Ha terdapat pengaruh model Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar sejarah kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Palu, dan menolak H0 tidak adanya pengaruh model pembelajaran team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar sejarah kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Palu. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Sejarah siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Pengaruh, Team Games Tournament (TGT), Hasil belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up