JudulPERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MASA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SMA NEGERI 9 PALU |
Nama: NURUL ILMI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nurul Ilmi, (2022). Peranan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SMA Negeri 9 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas KeGuruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mahfud M. Gamar. Artikel hasil penelitian ini memiliki masalah (1) Bagaimana peranan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja Guru pada masa pembelajaran tatap muka terbatas? (2) Bagaimana kinerja Guru dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas? (3) Apa sajakah yang menjadi faktor internal dan eksternal dalam meningkatkan kinerja guru pada pembelajaran tatap muka terbatas di SMA Negeri 9 Palu?. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru di SMA Negeri 9 Palu. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakasanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran tatap muka terbatas kinerja Guru di SMA Negeri 9 Palu mengalami peningkatan dari pembelajaran daring, hal ini ditunjukkan dari kedisiplinan Guru dalam mengajar di kelas. Peningkatan kinerja Guru tersebut didalamnya berperan Kepala Sekolah selaku pemimpin dalam Sekolah. Adapun peranan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja Guru pada pembelajaran tatap muka terbatas yaitu sebagai educator, manajer, supervisor, leader, inovator dan motivator. Adapun strategi yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja Guru yaitu (1) mengadakan pelatihan-pelatihan atau workshop bagi Guru-guru, (2) melaksanakan rapat penyusunan program Sekolah, (3) mendisiplinkan Guru dengan menyusun jadwal mengajar, (4) mengawasi kinerja Guru dengan melaksanakan supervisi perangkat pembelajaran, (5) memberikan arahan kepada Guru-guru dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas, (6) mengontrol kinerja Guru dengan melakukan kunjungan ke kelas-kelas untuk memastikan pembelajaran tetap muka terbatas berjalan dengan baik. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja Guru terbagi atas: (1) faktor internal, yaitu dari dalam diri Guru itu sendiri, dimana seorang Guru harus menyadari tugas dan tanggung jawab mereka sebagai Guru dan harus menyadari pentingnya disiplin dalam melaksanakan pekerjaannya. (2) faktor eksternal, yaitu dari lingkungan sekitar, sarana dan prasarana kebijakan Sekolah, insentif dan gaji. Kata Kunci: Kepala Sekolah, Kinerja, dan Tatap Muka Terbatas |