JudulPERAN GURU SEJARAH DALAM PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) TERBATAS MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: ELMA TURUPADANG |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Elma Turupadang, 2022. Peran Guru Sejarah dalam Pengembangan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 5 Palu, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (Haliadi, S.S., M.Hum, Ph.D). Permasalahan dalam penelitian ini, Bagaimana peran Guru Sejarah dalam Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas pada masa pandemi covid 19?, Bagaimana kemandirian belajar Siswa pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas masa pandemi covid 19?, Bagaimana dampak peran Guru Sejarah terhadap kemandirian belajar Siswa pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas masa pandemi covid 19?. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu (1) Menjelaskan peran Guru Sejarah dalam Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas pada masa pandemi covid 19. (2) Menganalisis kemandirian belajar Siswa pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) trebatas masa pandemi covid 19. (3) Menganalisis dampak peran Guru Sejarah terhadap kemandirian belajar Siswa pada Pembelajaran Tatap Muka (PTM) masa pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara dan dokumen. Subjek penelitian yang berjumlah 8 orang yakni 1 Guru sejarah dan 7 orang Siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran Guru Sejarah dalam mengembangkan kemandirian belajar Siswa pada PTM terbatas masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 5 Palu dengan memotivasi, membimbing, melatih, menasehati, mengajar, menasehati, mendidik, teladan, mendorong kreativitas, dan kepribadian, agar Siswa menjadi pribadi yang mandiri serta tidak ikut-ikutan dan tergantung pada orang lain. Kemandirian belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal yaitu pengaruh yang berasal dari dalam diri sendiri, misalnya kemampuan dan bakat, dan faktor eksternal yaitu pengaruh yang berasal dari luar misalnya lingkungan sekitar tempat tinggal Siswa tersebut. Kata Kunci: Peran Guru Sejarah, kemandirian, dan belajar |