JudulStudi Kasus Kemampuan Profesional Guru Dalam Mengolah Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Parigi |
Nama: GHITA FEBYANTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan profesional Guru Sejarah dalam pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Parigi?, bagaimana proses Guru mengolah pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Parigi? dan bagaimana kemampuan profesional Guru dalam mengolah pembelajaran daring terhadap mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Parigi?. Penelitian ini bertujuan (1) Menjelaskan kemampuan profesional Guru Sejarah dalam pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Parigi, (2) Menjelaskan proses Guru mengolah pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Parigi dan (3) Menguraikan kemampuan profesional Guru dalam mengolah pembelajaran daring terhadap mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Parigi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Sejarah, dan Siswa di SMA Negeri 1 Parigi. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 menunjukkan bahwa kemampuan profesional Guru dalam mengolah pembelajaran daring terhadap mata pelajaran sejarah sudah cukup baik namun belum efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian empat orang Guru Sejarah yang mengatakan bahwa untuk mengimplementasikan kemampuan profesional Guru dalam mengolah pembelajaran daring terhadap mata pelajaran sejarah cukup sulit karena adanya kendala – kendala yang harus dihadapi oleh Guru saat melaksanakan proses pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi profesional Guru dalam mengolah pembelajaran daring sangatlah berpengaruh terhadap mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Parigi. Kata kunci: Profesional Guru, pembelajaran daring, dan mata pelajaran sejarah |