Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENDEKATAN EKSPOSITORI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS A SMA NEGERI 1 LORE UTARA
Nama: VIOLANICA ERNES MONDOLU
Tahun: 2025
Abstrak
Violanica Ernes Mondolu, 2025. “Pendekatan Ekspositori Pada Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS A SMA Negeri 1 Lore Utara”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (Dr. Idrus, S.Pd., S.H., M.Pd.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan ekspositori pada pembelajaran sejarah dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat menggunakan pendekatan ekspositori di SMA Negeri 1 Lore Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi terkait penerapan metode ekspositori dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan metode ekspositori pada mata pelajaran Sejarah di kelas X IPS A, peneliti menemukan bahwa pendekatan ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Seluruh siswa yang menjadi sampel penelitian berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan, sebanyak 25 siswa (96,6%) memperoleh nilai di atas KKM dan 2 siswa mencapai nilai 65, yang merupakan di bawah batas KKM. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode ekspositori dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan, namun beberapa kendala seperti keterbatasan waktu masih menjadi tantangan. Perbedaan hasil belajar antar siswa dalam kelas terlihat pada nilai, di mana siswa yang memperoleh nilai lebih tinggi menunjukkan pemahaman yang lebih baik terhadap materi yang disampaikan. Kata kunci: Pendekatan ekspositori, Hasil belajar, Pembelajaran sejarah.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up