Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKemampuan Orang Tua Dalam Mendukung Semangat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Selama Berlakunya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Kelas XI SMA Negeri 5 Palu
Nama: DHUYTA YUYUN SAMPEALI
Tahun: 2022
Abstrak
Dhuyta Yuyun Sampeali, (2022). “Kemampuan Orang Tua dalam Mendukung Semangat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Selam Berlakunya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di Masa Pandemi Covid-19 pada Kelas XI SMA Negeri 5 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Mahfud Mahmud Gamar, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini, Bagaimana kemampuan Orang Tua dalam mendukung semangat belajar Siswa pada mata pelajaran sejarah selama berlakunya pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dimasa pandemi Covid-19?, dan Apakah yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami Orang Tua dalam mendukung semangat belajar Siswa pada mata pelajaran sejarah selama berlakunya pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dimasa pandemi Covid-19?. Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan Orang Tua dalam mendukung semangat belajar Siswa serta menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami Orang Tua dalam mendukung semangat belajar Siswa pada mata pelajaran sejarah selama berlakunya PTM terbatas di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 15 orang, 7 Orang Tua, 7 Siswa, dan 1 Guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mendukung semangat belajar Siswa Orang Tua harus mampu menjadi pembimbing atau pendidik, pendorong atau motivator, dan sebagai fasilitator, kemampuan-kemampuan Orang Tua tersebut digunakan agar Siswa dapat belajar dengan baik, pola dan perkembangan belajarnya terkontrol, serta memiliki fasilitas belajar yang memadai yang dapat menunjang proses pembelajaran pada masa berlakunya PTM terbatas. Kemampuan Orang Tua dalam mendukung semangat belajar Siswa dapat dilihat dari hasil belajar dan sikap Siswa saat belajar. Siswa yang mendapatkan dukungan dari Orang Tua akan memiliki semangat belajar yang tinggi dan tentunya memiliki hasil belajar yang bagus. Adapun faktor pendukung yang mempengaruhi kemampuan Orang Tua dalam mendukung semangat belajar Siswa yaitu relasi antar anggota keluarga, dan pemberian stimulus berupa reward atau penghargaan Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya perhatian Orang Tua, suasana rumah/tempat tinggal, dan keadaan sosial ekonomi. Kata Kunci: Kemampuan Orang Tua, Semangat Belajar, PTM Terbatas

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up