JudulPeran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 8 Palu |
Nama: DEWI SAFITRI |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK DEWI SAFITRI. 2025. Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 8 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Windayanti. Penelitian ini membahas tentang peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 8 Palu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru sejarah dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 8 Palu? dan (2) Bagaimana minat siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 8 Palu? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan peran guru sejarah dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 8 Palu, dan (2) Untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 8 Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru sejarah, kepala sekolah, dan siswa kelas XI. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting dalam meningkatkan minat belajar siswa, baik sebagai fasilitator, motivator, maupun inovator dalam proses pembelajaran. Strategi yang diterapkan guru meliputi penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi seperti diskusi kelompok, pemanfaatan media audiovisual, serta pengaitan materi sejarah dengan kehidupan nyata siswa. Selain itu, guru juga membangun komunikasi yang positif dengan siswa untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan. Dengan peran dan strategi yang tepat, guru mampu meningkatkan ketertarikan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini merekomendasikan agar guru terus mengembangkan kreativitas dalam mengajar serta memperhatikan kebutuhan dan karakteristik siswa untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Kata Kunci: Peran Guru, Minat Belajar, Pembelajaran Sejarah |