Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKETERAMPILAN MENGAJAR GURU DALAM MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL TERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 PARIGI TENGAH
Nama: IRA MERLINA
Tahun: 2023
Abstrak
Ira Merlina, 2018. Keterampilan Mengajar Guru Dalam Membimbing Diskusi Kelompok Kecil Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Parigi Tengah. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah , Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas KeGuruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Charles Kapile. Permasalahan pada penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana keterampilan mengajar Guru dalam membimbing diskusi kelompok kecil terhadap mata pelajaran IPS ? ; 2) Bagaimana hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS ?. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keterampilan mengajar Guru dalam membimbing diskusi kelompok kecil pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang Guru dan 10 orang siswa. Teknik pengumpulan adata adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data yakni reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) dalam pembelajaran yang dilakukan di SMP Negeri 1 Parigi Tengah Guru menggunakanmetode diskusi dengan Guru sebagai pembimbing diskusi. Dalam membimbing diskusi ada beberapa komponen yang diterapkan oleh Guru ketika diskusi kelompok berlangsung yakni memusatkan perhatian siswa, menyebarkan kesempatan berpartisipsi, menganalisis pendapat siswa, memperluas masalah, meningkatkan urunan siswa dan menutup diskusi;2) Dampak dari adanya diskusi kelompok terhadap hasil belajar siswa yaitu siswa aktif dalam proses pembelajaran seperti dalam menanggapi, memberikan pertanyaan, memberikan pendapat terhadap teman sekelas ataupun kepada Guruketika proses belajar mengajar berlangsung; 3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Dilihat dari dari hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa keterampilan Guru dalam membimbing diskusi kelompok kecil pada kelas VIII A dapat dikatakan baik karena pencapaian hasil belajar siswa sudah tinggi atau dengan kata lain telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditentukan oleh sekolah yakni 75%, atau dinyatakan tuntas apabila hasil belajar siswa mendapat nilai 75. Kata Kunci : Keterampilan, Mengajar Dan Hasil Belajar Siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up