JudulKEMAMPUAN GURU DALAM MEMOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 PARIGI UTARA |
Nama: MOH YUSRIL |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Moh Yusril, (2023). Kemampuan Guru Dalam Memotivasi Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Parigi Utara, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengatahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Idrus Rore, S.Pd.,SH.,M.Pd Permasalahan penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana kemampuan guru dalam memotivasi siswa pada pembelajaran sejarah di SMA Negari 1 Parigi Utara? (2) Apa faktor penghambat dan pendukung kemampauan guru dalam memberikan motivasi kepada siswa pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Parigi Utara? Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis kemampuan guru dalam memotivasi siswa pada pembelajaran sejarah, serta faktor penghambat dan pendukkung kemampuan guru dalam memberikan motivasi kepada siswa pada pembelajaran sejarah. Penelitan ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpalan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitan adalah reduksi data, penyajian data kualitatif, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan lain yaitu (1) Kemampuan guru dalam momotivasi siswa pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Parigi Utara, sudah terlihat baik. Guru memilki kemampuan memotivasi yang baik dalam mengajar sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran sejarah, dan juga guru mampu memilih model, strategi dan metode-metode yang digunakan dalam mengajar.(2) Faktor penghambat dan pendukung dalam memberikan motivasi siswa pada pembelajaran sejarah yaitu terdiri dari dua faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri, seperti siswa yang merasa malas dalam mengikuti pembelajaran sejarah yang diberikan guru di dalam kelas dan sebaliknya terdapat siswa yang menyukai pembelajaran sejarah tersebut, sehingga menjadi penghambat dan pendukung guru dalam memberikan motivasi kepada siswa pada pembelajaran sejarah, sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar yang meliputi lingkungan sekitar, sarana dan prasarana, dan kebijakan Sekolah. Kata Kunci : Guru dan Motivasi |