Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStrategi Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XII Di SMA Negeri 3 Palu
Nama: RISNAWATI
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi yang diterapkan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kreativitas guru pada pembelajaran sejarah kelas XII di SMA Negeri 03 Palu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dalam melakukan penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan di lokasi penelitian (SMA Negeri 03 Palu) dan ditambah beberapa literature pendukung. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah sebagai supervisor menerapkan beberapa strategi yaitu melaksanakan supervisi dengan melakukan kunjungan kelas pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Mengarahkan kepada guru untuk menerapkan beberapa variasi gaya mengajar, media pembelajaran dan metode pembelajaran. Faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru pada pembelajaran adalah antusiasme guru dalam menambah ilmu, fasilitas sekolah yang lengkap dan proses supervise yang berjalan dengan baik. Adapun faktor penghambatnya adalah jika akses internet yang tiba-tiba hilang, jam pelajaran yang bermasalah dan tugas dinas yang dilakukan kepala sekolah diluar sekolah sehingga tidak sempat hadir di sekolah. Kata kunci : Strategi, Supervisor, Kepala sekolah, Kreativitas guru.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up