Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProses Pembelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 13 Palu
Nama: NURAFIFAH DWI HANDAYANI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Nur Afifah Dwi Handayani 2024 Skripsi ini berjudul Proses Pembelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 13 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Dr. Suyuti, M. Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 13 Palu ? (2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran IPS Terpadu dan bagaimana solusi untuk mengatasi kendala tersebut di SMP Negeri 13 Palu? Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 13 Palu (2) Mendeskripsikan tentang apa saja kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran IPS Terpadu dan bagaimana solusi untuk mengatasi kendala tersebut di SMP Negeri 13 Palu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pelaksanaan proses pembelajaran di SMP Negeri 13 Palu cukup kondusif akan tetapi, siswa kurang aktif dalam pembelajaran. (2) kendala yang ada dalam proses pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 13 Palu, yaitu : (a) Latar belakang Pendidikan Guru, (b) Kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran dikelas, kemudian Solusi untuk mengatasi kendala yang ada : (a) guru bisa mengikuti MGMP Dimana guru bisa mendapatkan tambahan ilmu baik untuk menyusun perangkat pembelajaran, mendalami materi, (b) guru lebih cermat dalam memilih metode pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif. Kata Kunci : Proses Pembelajaran, IPS Terpadu, Siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up