Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN METODE GALLERY WALK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMAN 1 PARIGI UTARA
Nama: LISA NUGRAWATI
Tahun: 2024
Abstrak
Lisa Nugrawati, NIM. A31118002 Dengan judul skripsi : “ Penarapan Metode Gallery Walk dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Sejarah Kelas X di SMA Negri 1 Parigi Utara”. Program Studi Pendidikan Sejarah, Pendidikan IPS, Universitas Tadulako. Dibawah Bimbingan dari Iskandar. Penelitian dilatar belakangi oleh suatu kenyataan di sekolah SMA Negeri 1 Parigi Utara yang mana masih rendahnya hasil belajar Siswa pada mata pelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 1 Parigi Utara. Hal ini ditunjukan dengan hasil belajar Siswa yang dibawah KKM (75). Model pembelajaran Gallery Walk dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar Siswa. Oleh karena itu Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai metode Gallery Walk dalam meningkatkan hasil belajar Siswa. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan dan mendeskripsikan penerapan metode Gallery Walk dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah di SMAN 1 Parigi Utara.Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas X SMA Negri 1 Parigi Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa dengan penerapan metode Gallery Walk dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas X SMA Negri 1 Parigi tara dalam mata pelajaran Sejarah dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II. Pada penelitian ini, dimulai dengan melakukan pra siklus dengan menjelaskan bagian dari perencanaan, pelaksanaan dan pengaamatan. Kemudian pada siklus I peneliti melakukan tes sebelum tindakan penerapan, diketahui 5 Siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 22,72%, setelah itu pada siklus II ini Peneliti melakukan penerapan tindakan metode Gallery Walk didapatkan bahwa Siswa yang tuntas setelah penerapan metoe tersebut berjumlah 17 orang maka ketuntasan klasikal yang diperoleh yaitu dengan ketuntasan klasikal 72,72%, kemudian hasil pengamatan dari lembar observasi Siswa terhadap rana psikomotik dan rana afektif mendapatkan nilai masing-masing 2.7 (kurang) dan 2.5 (kurang) pada siklus I telah meningkat menjadi 3.4 (cukup) dan 4.0 (baik) pada siklus II. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model Gallery Walk pada pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Parigi Utara dalam mata pelajaran Sejarah. Kata Kunci: Metode Gallery Walk, pembelajaran sejarah, hasil belajar Siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up