JudulPERKEMBANGAN OJEK ONLINE DI KOTA PALU (2017-2022) |
Nama: AHMAD HIDAYAT DAHLAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Ahmad Hidayat Dahlan, 2024. “Perkembangan Ojek Online di Kota Palu (2017-2022)”. Skripsi. Program Studi Pendidikan sejarah. Jurusan P.IPS FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing Haliadi SS, M. Hum.. Skripsi ini membahas 1). Bagaimana sejarah keberadaan ojek online di Kota Palu? 2). Bagaimana perkembangan ojek online periode (2017-2022) di Kota Palu ? 3). Mengapa Ojek Online di minati oleh masyarakat Kota Palu? Tujuannya adalah 1). Menjelaskan sejarah keberadaan ojek online di kota Palu 2). Mendeskripsikan perkembangan ojek online periode (2017-2022) di kota Palu3). Menganalisis minat masyarakat menggunakan ojek online di kota Palu. Sesuai dengan rumusan masalah penelitian tersebut penulis menggunakan metode penelitian sejarah dengan mencari sumber-sumber yang relevan dengan permasalahan dan penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu: Heuristik atau studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta Verifikasi, Interpretasi, Historiografi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan menggunakan metode sejarah, yaitu penyelidikan atas suatu masalah dengan mengaplikasikan jalan pemecahannya dari perspektif historis. Semua data dan informan yang penulis dapatkan dalam penelitian dianalisis secara deskriptif. Kesimpulan penelitian ini adalah; 1). Sejarah keberadaan ojek online di Kota Palu pada dasarnya diawali oleh Grab yang dimana Grab membuka cabang operasional di Kota Palu yang pada sebelumnya belum ada ojek online. 2). Berkembangnya ojek online di Kota Palu di dasari oleh faktor pendukung yaitu Grab berkembang karena ojek online pertama di Kota palu, Gojek berkembang karena ada bencana gempa, tsunami dan likuifaksi yang berkurangnya Grab dikota palu dan banyaknya relawan dan orang yang pengguna gojek di luar Kota Palu. Maxim berkembang karena krisis ekonomi yang disebabkan Oleh Covid-19 dikarenakan Maxim mempunyai harga yang sangat murah. 3). Minat masyarakat terhadap ojek online didasari pada faktor biaya, kualitas, dan keamanan dalam hal pemilihan masyarakat masing-masing mempunya pilihan antara Grab, Gojek, dan Maxim. Kata Kunci : Sejarah, Perkembangan dan Minat |