JudulPENERAPAN E-LEARNING GOOGLE CLASSROOM DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 PALU |
Nama: VIVI NOVITA SARY. YUSUF |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Vivi Novita Sary. Yusuf, 2022. Penerapan E-learning Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Palu. Pembimbing, Dr. Misnah, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pemanfaatan fitur-fitur di dalam e-learning google classroom di kelas XI SMAN 2 Palu? 2). Bagaimana proses e-learning google classroom dalam pembelajaran sejarah di kelas XI SMAN 2 Palu? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan fitur-fitur dan proses e-learning google classroom dalam pembelajaran sejarah di kelas XI Sma Negeri 2 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan e-learning google classroom dalam proses pembelajaran sejarah adalah: dengan memanfaatkan beberapa fitur-fitur di dalam e-learning google classroom seperti, fitur create assignment, create material, create question, rouse post dan create topic. Dalam proses pembelajaran sejarah terdapat beberapa tahapan diantaranya pertama perencanaan, guru menyiapkan suatu rancangan perencanaan pelaksanan pembelajaran (RPP) daring, silabus, kemudian menyiapkan materi pembelajaran dalam bentuk powerpoint (PPT), dan pemberian tugas. Kedua, pelaksanaan, guru mengupload materi dan menyampaikan pointpoint pentingnya saja, kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab, dan pemberian tugas mandiri yang dikumpulkan sesuai deadline atau batas waktu pengumpulan. Ketiga, guru melakukan evaluasi pembelajaran seperti, penilaian kognitif yang dilihat dari hasil belajar siswa, penilaian afektif atau sikap, dan penilaian psikomotorik yaitu dilihat dari praktik belajar. Kata kunci: E-learning, Google Classroom, Pembelajaran Sejarah. |