JudulProblematika Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Secara Online Di Kelas IX SMPN 9 Palu |
Nama: RUTRIANI PAPOIWO |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Rutriani Papoiwo, 2021. Problematika Guru dan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Secara Online di Kelas IX SMPN 9 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Mahfud Gamar Penelitian ini memiliki permasalahan mengenai problematika guru dan siswa dalam pembelajaran IPS secara online di kelas IX SMPN 9 Palu dan bagaimana upaya untuk mengatasi problematika tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika guru dan siswa dalam pembelajaran online pada masa pandemi covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, data yang diproleh dari sumber wawancara maupun dokumentasi akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa problematika yang dihadapi guru dan siswa dalam pembelajaran online. Guru terkendala dengan jaringan yang tidak stabil serta beberapa siswa tidak mempunyai handphone, sedangkan siswa terkendala dengan penyimpanan handphone yang terbatas, kuota internet boros dan konsentrasi belajar terganggu. Hasil penelitian ini juga menujukan bahwa terdapat bebrapa upaya yang dilakukan guru dan siswa dalam mengatasi problematika pembelajaran online, guru mengadakan pembelajaran luring sebulan dua kali, meanfaatkan aplikasi belajar yang bisa diakses secara gratis dan membuat materi pelajaran menjadi kreatif. Siswa melakukan upaya seperti mencari tempat jaringan yang stabil serta mengupayakan tempat belajar yang nyaman. Kata Kunci : Problematika guru, siswa, pembelajaran online. |