JudulKEPEMIPINAN KEPALA PONDOK PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH AL-KHAIRAAT SINIU |
Nama: MUIZAL |
Tahun: 2024 |
Abstrak Madrasah aliyah alkhairaat siniu, dibawah kepemimpinan kepala pondok pesantren, muncul sebagai respons terhadap kebutuhan mendesak akan pendidikan islam yang holistic, dengan fokus dan kurikulum berbasis islami, Pengembangan karakter, dan keterlibatan aktif orang tua dan masyarakat. Peneletian ini mengkaji tentang bagaimana kepemimpinan kepala pondok pesantren dalam mengembangkan pendidikan islam di madrasah aliyah alkhairaat siniu dan bagaimana strategi kepemimpinan kepala pondok pesantren dalam mengembangkan pendidikan islam di madrasah aliyah alkhairaat siniu. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran kepemimipinan kepala pondok pesantren dalam mengembangkan pendidikan islam di madrasah aliyah alkhairaat siniu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala pondok pesantren memiliki peran sentral dalam merancang kebijakan, mengelola sumber daya, dan memberikan arahan strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan islam di madrasah tersebut. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagipengembangan manajemen pendidikan islam di lembaga serupa. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Pondok Pesantren, Skripsi. |