Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPeran Kepala Sekolah Dalam Mengefektifkan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sejarah Dimasa Pandemi Covid-19 Di SMAN 4 Sigi
Nama: RAFIKA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Rafika. 2021. Peran Kepala Sekolah Dalam Mengefektifkan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sejarah Dimasa Pandemi Covid-19 Di SMAN 4 Sigi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Mahfud Mahmud Gamar. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah (1) Bagaimana peran Kepala Sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah dimasa pandemic covid-19 di SMAN 4 Sigi? (2) Apa kendala yang dihadapai Kepala Sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah di SMAN 4 Sigi?. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan peran Kepala Sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah. (2) Menjelaskan kendala yang dihadapi Kepala Sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Sigi dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang peneliti peroleh menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumen. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum, Guru Sejarah, Guru Geografi dan Peserta Didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Kepala Sekolah dapat mengefektifkan pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah yaitu dengan mengguakan beberapa tahapan. Adapun tahapan yang diberikan Kepala Sekolah terhadap Guru seperti memberikan Teguran, Arahan, Pembinaan serta Perbaikan. Kepala Sekolah memberikan beberapa tahapan dengan tujuan agar Guru dapat melakukan pembelajaran daring dengan baik dan memberikan tugas-tugas terhadap Peserta Didik. Adapun kendala yang dihadapi Kepala Sekolah dalam mengefektifkan pembelajaran daring seperti penguasaan teknologi yang dimiliki oleh Guru dan beberapa Peserta Didik masih kurang, faktor ekonomi dari orang tua Peserta Didik, kemandirian Peserta Didik selama belajar dirumah tidak sepenuhnya terlaksana dengan baik , dibeberapa desa tidak memiliki jaringan internet serta Guru maupun Peserta Didik mengeluh akan adanya jaringan yang tidak stabil. Kata Kunci: Peran, Kepala Sekolah dan Efektifitas Pembelajaran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up