JudulEFEKTIVITA APLIKASI WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 4 SIGI PADA MASA COVID-19 |
Nama: PUTRI RAMADHANTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK PUTRI RAMADHANTI, 2022. Efektivitas Aplikasi Whatsapp Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMAN 4 Sigi Pada Masa Covid-19. Skripsi Program Studi pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Misnah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana efektivitas aplikasi Whatsapp dalam pembelajaran sejarah di SMAN 4 Sigi ?. (2) Apa keunggulan dan kekurangan aplikasi Whatsapp sebagai media pembelajaran pada pembelajaran sejarah di SMAN 4 Sigi ?. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana efektivitas aplikasi Whatsapp dalam pembelajaran sejarah di SMAN 4 Sigi. (2) Untuk mendeskripsikan keunggulan dan kelemahan apalikasi Whatsapp dalam pembelajaran sejarah di SMAN 4 Sigi. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan subjek penelitian adalah guru sejarah dan peserta didik kelas XI IIS 1. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Berdasrkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa efektivitas aplikasi Whatsapp dalam pembelajaran sejarah di SMAN 4 Sigi pada masa covid-19 60% peserta didik menjawab efektif, dapat dilihat proses pembelajaran yang berlangsung dengan baik, adanya hubungan timbal balik antara peserta didik dan guru, dan hasil belajar peserta didik yang telah menyapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sedangkan aplikasi Whatsapp memilikih keunggulan dan kelemahan sebagai media pembelajaran sejarah, keunggulan aplikasi whatsapp lancar dalam penggunaanya, hemat kuota internet, tidak riber, umum digunkan, dan memiliki banyak fitur pendukung. Kelemahan aplikasi Whatsapp file yang dikirim dalam satu minggu jika tidak di unduh maka file akan hilang, tidak bisa melaukan video call dalam forum besar dan membutuhkan aplikasi lainnya sebagai pendukung. Kata kunci: Efektivitas, Whatsapp, Media Pembelajaran |