JudulPENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 4 PALU |
Nama: IKRAWAN TRI SAKTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Ikrawan Tri Sakti, 2022. Penanaman Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 4 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Misnah, M.Pd Penanaman nilai karakter dalam proses belajar mengajar merupakan hal penting dikarenakan penanaman nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran diharapkan dapat membentuk kepribadian peserta didik. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1).Bagaimana strategi Guru untuk menanamakan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 4 PALU? 2). Apakaha ada faktor pendukung dan penghambat yang proses penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 4 PALU?. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan atau proses penanaman nilainilai karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Palu, dan apa saja faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaan atau proses penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai karakter dalam proses belajar mengajar pada pembelajaran sejarah sudah berjalan dengan baik. Faktor pendukung dalam Implementasi nilai karakter dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran Sejarah adalah peran guru, individu siswa, sarana dan prasarana. Kemudian factor penghambat implementasi nilai karakter dalam hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran Sejarah yang dialami guru yaitu, individu siswa dan sarana prasarana. Kata Kunci: Strategi Guru, Nilai Karakter, Pembelajaran Sejarah. |