JudulFAKTOR - FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 18 PALU |
Nama: ASDAR |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Asdar. 2021. “Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 18 Palu”. Skripsi. Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Dra. Hj. Junarti, M.Hum. Rumusan masalah dalam artikel ini, yaitu: (1) Faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab rendahnya minat belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMPN 18 Palu?, (2) Bagaimana upaya Guru dalam mengatasi rendahnya minat belajar Siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMPN 18 Palu?, (3) Bagaimana strategi Guru dalam meningkatkan minat belajar Siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMPN 18 Palu?. Sementara tujuan dalam artikel ini, yaitu: (1) Mendeskripsikan tentang faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab rendahnya minat belajar Siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMPN 18 Palu, (2) Mendeskripsikan tentang bagaimana upaya Guru dalam mengatasi rendahnya minat belajar Siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMPN 18 Palu, (3) Mendeskripsikan tentang bagaimana strategi Guru dalam meningkatkan minat belajar Siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMPN 18 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif tujuannya adalah untuk menggambarkan kondisi yang ada sesuai masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Faktor-faktor penyebab rendahnya minat belajar Siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMPN 18 Palu diantaranya faktor Internal (berasal dari dalam diri siswa) meliputi kondisi Siswa, kemampuan daya Intelektual, motivasi dan kebiasaan belajar dan faktor Eksternal (berasal dari luar diri siswa ) meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan Guru. Upaya Guru dalam mengatasih rendahnya minat belajar Siswa pada mata pelajaran IPS yaitu dengan cara menerapkan metode pembelajaran bermcam-macam, seperti ceramah, diskusi, dan tanya jawab dan juga memberikan catatan tambahan, memberikan materi yang sudah di foto kopi dan memberikan penguatan . Strategi Guru dalam meningkatkan minat belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan cara menerapkan strategi pembelajaran Langsung (Direct Intruksion) dan strategi pembelajaran tidak Langsung (Indirect Intruksion). Kata Kunci : Minat, Siswa dan Pelajaran IPS. |