JudulKEMAMPUAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 DONDO |
Nama: SYAHRIL |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Syahril 2023 : Kemampuan Guru Pada Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Dondo, Skripsi, Program Studi Pendidikan sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Mahfud M. Gamar, S.Pd.,M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan Guru pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dalam pembelajaran sejarah Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Dondo? (2) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan tatap muka terbatas di dalam pembelajaran sejarah Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Dondo? Tujuan yang hendak dicapai dalam hasil penelitian ini adalah (1) Menguraikan kemampuan Guru pada pembelajaran tatap muka terbatas dalam pembelajaran sejarah Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Dondo (2) Menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan tatap muka terbatas dalam pembelajaran sejarah Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Dondo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuatitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Guru sejarah dan Siswa. Teknik yang digunakan dalam hasil penelitian ini adalah teknik wawancara, obeservasi, dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah :(1) Cara Guru merencanakan program kegiatan pembelajaran dalam bentuk RPP, yang dirancang sesuai kurikulum yang berlaku, mulai kegiatan inti sampai kegiatan penutupnya diatur secara baik di dalam RPP. Selanjutnya dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan Guru dalam mengolah kelas agar tetap kondusif pada saat pembelajaran berlangsung, kemudian menentukan media dan sumber belajar yang akan dibawakan di dalam kelas seperti infokus. Kemudian menentukan metode, yang akan digunakan di dalam Kelas seperti metode ceramah, dan metode bervariasi lainya, hal ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar Siswa, dan juga mengevaluasi kegiatan pembelajaran setiap tiga minggu sekali. (2) Faktor penghambat pembelajaran yaitu dari keadaan Siswa yang dimana tidak semua Siswa memiliki teknologi dan yang menjadi pendukung yaitu dari pihak Sekolah telah memfasilitasi Siswanya berupa biaya transportasi ke Sekolah. Kata Kunci : Kemampuan Guru, Pembelajaran, dan tatap muka terbatas |