JudulPROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA ALKHAIRAT BULUBETE |
Nama: MOH. ZULFIKAR |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Moh. Zulfikar 2021 : Probelamtika Pembelajaran Daring Dalam Proses Pembelajaran Sejarah di Kelas X SMA Alkhairat Bulubete. Skripsi, Program Studi pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hassan Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pembelajaran Daring Dalam Proses Pembelajaran Sejarah di Kelas X SMA Alkhairat Bulubete. (2) Untuk menguraikan apa saja Probelamtika Pembelajaran Daring Dalam Proses Pembelajaran Sejarah di Kelas X SMA Alkhairat Bulubete (3) Untuk menjelaskan solusi apa yang dilakukan untuk meneyelesaikan Problematika Pembelajaran Daring Dalam Proses Pembelajaran Sejarah di Kelas X SMA Alkhairat Bulubete. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan hasil penelitian sebagai berikut (1) Pembelajaran Daring Dalam Proses Pembelajaran Sejarah di Kelas X SMA Alkhairat Bulubete selama masa pandemi Covid-19 berlangsung secara daring. Guru melakukan proses yaitu dengan menyiapkan RPP, smartphone dan buku paket sejarah kelas X. Pelaksanaan (penyampaian materi tanya jawab dan pemberian tugas), dan evaluasi (memeriksa tugas yang di kirimkan siswa dengan cara difoto kemudian dikirim melalui whatsapp dan setelah itu menuliskannya di laporan). (2) Problematika yang di alami guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring dalam proses pembelajaran sejarah selama masa pandemi Covid-19 adalah keterbatasan fasilitas dan pengetahuan mengenai teknologi, membuat pembelajaran daring hanya dapat dilakukan melalui aplikasi whatsapp, tidak semua siswa mempunyai smartphone, mahalnya kuota internet selama masa pandemi, koneksi internet yang tidak stabil, kurangnya dampingan orang tua pada saat pembelajaran menyebabkan siswa kurang disiplin, keluhan siswa mengenai tugas yang sangat menumpuk. (3) Solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran daring dalam pembelajaran sejarah selama masa pandemi Covid-19 yaitu guru diberikan dana bantuan yang besasal dari Bantuan Oprasional Sekolah sesuai dengan anjuran pemerintah untuk pembelian kuota intenet, meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan/mengoperasionalkan teknologi, orang tua juga harus mengalokasikan ketersediaan waktu untuk mendampingi anak pada saat pembelajaran, guru mendatangi rumah siswa yang tidak mempunyai smartphone untuk memberikan materi ajar kepada siswa, dan guru tidak harus memberikan tugas yang banyak kepada peserta didik agar mereka tidak merasa terbebani mangingat tugas tidak hanya berasal dari satu mata pelajaran. Kata Kunci : Problematika, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Sejarah. |