Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI ILMU SOSIAL 1 PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 SIGI
Nama: MIKAEL SAPUTRA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK MIKAEL SAPUTRA, (2022) A31117056 yang berjudul Strategi Guru Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI Ilmu Sosial 1 Pada Masa Pandemi Covid19 di SMA Negeri 1 Sigi, Skripsi Program Studi Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Taduako, Pembimbing Dr. Iskandar, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana stratetgi pembelajaran sejarah kelas XI Ilmu Sosial 1 dalam masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Sigi? (2) Apa saja factor-faktor yang mendukung dan factor-faktor yang menghambat dalam pelaksanaan strategi pembelajaran? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskrispsikan strategi pembelajaran sejarah kelas XI Ilmu Sosial 1 dalam masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Sigi. (2) Mengetahui factor-faktor yang mendukung dan factorfaktor yang menghambat dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil observasi dan wawancara membuktikan bahwa strategi demonstrasi yang guru gunakan dalam pembelajaran sejarah dinilai kurang efektif. Kurangnya pengetahuan guru mengenai metode demonstrasi dan langkah-langkah penerapannya. Dalam pelaksanaan pembelajaran secara DARING guru menggunakan aplikasi classroom dan whatsapp. Dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung diantaranya (1) tersedianya proyektor (2) tersedianya buku paket (3) kemauan belajar siswa. Sementara untuk pembelajaran DARING diantaranya (1) tersedianya aplikasi penunjang classroom dan whatsapp (2) bantuan kuota interner dari kemendikbud (3) motivasi dan bimbingan dari orang tua. Faktor penghambat diantaranya (1) kurangnya jumlah proyektor (2) minat belajar siswa yang terkadang menurun. Sementara untuk pembelajaran DARING diantaranya (1) kuota internet tidak cukup (kurangnya bimbingan dari orang tua. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran & Sejarah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up