JudulPERAN GURU SEJARAH DALAM PEMBENTUKAN SIKAP NASIONALISME MELALUI BIOGRAFI PAHLAWAN NASIONAL SISWA KELAS X TKJ SMK NEGERI 1 PARIGI |
Nama: SAIDAL MURSALIN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Saidal Mursalin, 2021.Peran guru sejarah dalam pembentukan nasionalisme melalui biografi pahlawan nasional siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Parigi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Untiversitas Tadulako. Pembimbing Dra. Hj. Junarti, M.Hum Sikap nasionalisme yakni sikap yang harus dimiliki oleh setiap orang khususnya siswa sehingga dalam proses pembangunan menjadi modal penting demi kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran Guru sejarah dalam pembentukan sikap nasionalisme melalui biografi Pahlawan Nasional siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Parigi dan (2) kendala apa saja yang muncul dalam proses pembentukan sikap nasionalisme melalui biografi Pahlawan Nasional yang dilakukan oleh Guru sejarah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil penelitian di SMK Negeri 1 Parigi. Tujuan hasil penelitian ini adalah (1) peran Guru sejarah dalam pembentukan sikap nasionalisme Siswa. (2) kendala apa saja yang muncul dalam proses pembentukan sikap nasionalisme yang dilakukan oleh Guru sejarah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil penelitian di SMK Negeri 1 Parigi. Informan dalam penelitian ini adalah Guru sejarah dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran Guru sejarah dalam pembentukan sikap nasionalisme Siswa adalah Guru sebagai keteladanan, Guru sebagai inspirator, Guru sebagai motivator, dan Guru sebagai pembimbing sedangkan sikap nasionalisme melalui biografi Pahlawan Nasional antara lain sikap nasionalisme dalam hal menghargai jasa para Pahlawan dan sikap nasionalisme dalam hal rela berkorban. Kendala yang ditemui Guru sejarah dalam proses pembentukan sikap nasionalisme diantaranya, perkembangan teknologi yang turut berpengaruh pada pola pikir Siswa, pengaruh media massa, pengaruh Globalisasi dan dari lingkungan Siswa itu sendiri. Kata Kunci: Peran, nasionalisme, dan pahlawan |