JudulStrategi Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Bolano |
Nama: ANGGI AL-KAFRI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Anggi Al-Kafri 2024. "Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Bolano. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Penelitian ini muncul dari perhatian terhadap kompleksitas pengelolaan kelas di SMA Negeri 1 Bolano khususnya dalam mata pelajaran sejarah. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana masalah yang di hadapi guru sejarah dalam pengelolaan kelas, Bagaimana strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, Bagaimana dampak strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Bolano. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah pengelolaan kelas yang dihadapi guru sejarah, serta mengevaluasi dampak strategi pengelolaan kelas tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa guru sejarah menghadapi tantangan tingkah laku siswa, kurangnya percaya diri, dan ketidaksetiaan siswa terhadap pelajaran sejarah; namun, melalui pendekatan tenang, motivasi, serta strategi pengelolaan kelas dan pembelajaran, guru berhasil menciptakan lingkungan yang kondusif, meningkatkan pemahaman materi, dan mencapai prestasi belajar yang baik pada siswa kelas X IPS. Kata Kunci: Pembelajaran, Hasil Belajar, Siswa. |