JudulSTUDI KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU SEJARAH KELAS X IS I TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 4 SIGI |
Nama: SARMANTO R. PAGALLA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Sarmanto R.Pagalla,2022 “Studi Kemampuan Komunikasi Guru Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IS I Terhadap Model Pembelajaran Daring Di SMA Negeri 4 Sigi” Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Mutawakkil Permasalahan dalam artikel penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana kemampuan komunikasi guru mata pelajaran sejarah kelas X IS I dalam memberikan pembelajaran sejarah melalui model pembelajaran daring di SMA Negeri 4 Sigi? (2) Bagaimana dampak pembelajaran daring terhadap efektivitas pembelajaran sejarah kelas X IS I ditengah pandemi Covi-19 di SMA Negeri 4 Sigi? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi guru mata pelajaran sejarah kelas X IS I dalam memberikan pembelajaran sejarah melalui model pembelajaran daring di SMA Negeri 4 Sigi; (2) Menganalisis dampak pembelajaran daring terhadap efektivitas pembelajaran sejarah kelas X IS I ditengah pandemi covid-19 di SMA Negeri 4 Sigi; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pemeriksaan ulang (editing), pengelompokkan data (classifying), analisis data (analizing) dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan komunikasi guru sejarah kelas X IS I dalam melaksanakan model pembelajaraan daring pada mata pelajaran sejarah belum terlihat dalam melaksanakan komunikasi yang baik dengan peserta didik kelas X IS I. (2) Pola komunikasi guru sejarah kelas X IS I dalam melaksanakan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran daring melalui aplikasi whatsapp terdiri dari tiga pola yaitu mengecek kehadiran peserta didik, memberikan materi, mengumpulkan tugas. Minimnya komunikasi guru sejarah kelas X IS I dalam memberikan pembelajaran sejarah berdampak pada kurangnya keaktifan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran secara daring. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi, Pembelajaran Daring, Guru Sejarah |