Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEB DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I PALU
Nama: SARIWIJAYA AZIS
Tahun: 2022
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana desain penerapan media e-learning berbasis web dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Negeri I Palu? 2). Bagaimana proses pembelajaran media e-learning berbasis web di Madrasah Aliyah Negeri I Palu? 3). Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembelajaran media e-learning berbasis web pada mata pelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Negeri I Palu? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain, proses dan faktor pendukung dan penghambat media e-learning berbasis web dalam pembelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Negeri I Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan e-learning berbasis web dalam proses pebelajaran sejarah adalah: Untuk mendesain pembelajaran sejarah dengan menggunakan beberapa fitur-fitur didalam media e-learning berbasis web seperti, CBT, forum madrasah, notifikasi, zona otomatis, rekab absensi dan fitur tugas. Dalam proses pembelajaran sejarah pertama adanya perencanaan, guru menyiapkan rencana pelaksanan pembelajaran (RPP) daring terlebih dahulu, kemudian menyiapkan materi pembelajaran dalam bentuk(PPT), serta pemberian tugas. Dalam pelaksanaannya, guru mengupload materi dan menyampaikan poin penting, kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab, dan pemberian tugas mandiri yang dikumpulkan sesuai deadline atau batas waktu pengumpulan. Untuk mengevaluasi, guru melakukan penilaian berdasarkan nilai kognitif, afektif, dan psikomotorik. Faktor pendukung dan penghambat media elearning berbasis web dengan kelebihannya sangat mudah mengakses materi pembelajaran ataupun pemberian tugas, serta mendisiplinkan peserta didik karena guru dapat memberikan deadline dalam pengerjaan tugas. Adapun faktor penghambat yaitu tidak stabilnya jaringan dan pembagian kuota tidak merata kepada peserta didik. Kata Kunci: Media, E-Learning Berbasis Web, Pembelajaran Sejarah

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up